Posted by: Holdani R. | January 28, 2011

Saya seorang Ketua kelas

Siapa yang tidak tahu Ketua kelas? Siapakah ketua kelas? Apakah tugas seorang ketua kelas?
Pertanyaan pertanyaan diatas memiliki banyak jawaban, salah satunya mungkin adalah yang akan saya uraikan ini:)

Ketua kelas adalah seseorang yang mengatur kegiatan di kelas, mengatur siswa siswi di kelasnya. Kebetulan saya sendiri adalah seorang ketua kelas(2 kali lho, kelas 11 dan kelas 12). Tugas tugas yang dijalani seorang ketua kelas, bisa dibilang banyak. Seperti menyiapkan siswa di pagi hari untuk berdoa dan memberi salam kepada guru, mengumpulkan tugas, ikut rapat-rapat, dan lain lain(sampai saya pun lupa). Kalau dilihat lihat, tanggung jawab ketua kelas itu besar lho. Harus bisa mengayomi teman temannya(sok banget dah , hehe).

(Curhat sedikit ah) Saya sendiri merasa kurang dalam menjalani tugas sebagai Ketua kelas, beberapa siswa berpendapat saya kurang tegas (Tentu saja, saya kan humoris dan rajin menabung, hehe peace!). Tapi bagaimanapun, saya akan berusaha menjadi ketua kelas yang baik. Tapi ingat, ”Ketua kelas juga manusia, punya rasa punya hati jangan samakan dengan rafflesia arnoldi. .”(peace!)

Oke karena berdasarkan views blog saya, postingan ini banyak yang melihat, saya akan tambahin lagi nih. Cuma mau bikin versi poin poin Kerja Ketua kelas aja sih.

1. Menyiapkan siswa kelas di pagi hari, untuk upacara, berdoa, memberi salam kepada guru.2. Mengumpulkan tugas-tugas siswa untuk diberikan kepada guru.
3. Menyampaikan pesan dari guru/guru piket kepada siswa kelas
4. Mencari informasi tentang guru yang mungkin berhalangan hadir, memberitahukannya ke kelas.
5. Menyatukan kelas, menyiapkan kelas agar tetap tenang dan tidak gaduh.
6. Mewakilkan siswa kelas menyampaikan pendapat mereka kepada guru.
7. Ikut rapat-rapat ketua kelas (biasanya dipanggil oleh guru).

Kalau saya dulu, bukannya soktau atau sombong, saya dulu menyuarakan jurusan kelas saya, saya dulu jurusan bahasa, pernah tidak disebutkan ketika upacara, lalu saya dan teman-teman berteriak-teriak (bukan contoh yang baik memang, tapi masa jurusan kami dilewatkan/diabaikan ?).

Yang susah dari ketua kelas itu adalah menyatukan kelas, menurut saya itulah bagian tersulit. Tapi itulah tantangannya, kalau saya, dua tahun temannya itu lagi-itu lagi (jurusan Bahasa cuma 1 kelas dan terdiri dari 22 siswa).

Sekarang saya rindu akan suasana kelas. . .

Responses

  1. Huh….. Ni pertama kalinya saya jadi ketua kelas mas…. Huh saya kepengennya amanat dalam menjalankan tugas tapi…… Gmn ya rasanya kok berat banget….. Kita itu dikira sok ngatur2, sok tau sok yes…. Lah pokoknya padahal kan cuma mau menertibkan lagipula itu kan untuk kebaikan semuanya…. Gmn ya biar jadi ketua yang top bisa mengkondisikan teman2 serta tanpa terlihat merisikan mereka…. Hehehe makasih

    • aduh maaf nih baru baca sekarang. peace. pertama ya kita harus lebih deket ke mereka(temen temen sekelas), itu pastinya, kalo udah deket pasti mereka mereka juga mau kok dikondisikan. kalo saya mah dulu karena total siswa dikelas hanya 22 siswa, jadi ya lumayan lah ngaturnya. oiya, jangan terlalu strict juga, ketua kelas kan juga manusia, hahaha.

  2. pertama kali nih jadiketua kelas, sebenernya sih gak masalah. Cuman kalo harus nyiapin upacara kayaknya aku kurang tepat, karena suaraku tak bisa lantang(Suaraku gak bisa kers, meski sudah maksimal)…

    • Gak apa apa mas, tetep aja nyiapin dengan suara yang selantang mungkin yang situ bisa. Semangat!
      Kalo saya malah lucu, saya kan cadel, jadi ya begitu deh hahahaha.

  3. Hmm.. Tugas ketua kelas emang berat banget,, Aku nih mumet jadi ketua kelas.. Kelasnya ribut melulu.. Gimana cara ngatasinya??


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

