Posted by: Holdani R. | April 25, 2013

New Media Media Baru dan Teknologi komunikasi

Oke, kali ini gue mau ngepost tentang tugas gue mengenai New Media atau media baru. . ini tugas gue untuk mata kuliah Perkembangan Media Baru, gue sih nulis daftar pustaka yang gw pake. Hahaha, jangan kopas /copas lah.

Oke inilaah dia New Media

New Media

Dewasa ini new media atau media baru sering dikaitkan dengan Internet, ini dari blog dhalionmarhanbais.wordpress.com kalau tulisan ini ada berarti kopas karena kemudahan penggunaan dan luasnya akses yang dapat dijangkau dengan internet. Media baru juga dianggap berkembang dari media cetak dan media elektronik (dalam hal ini adalah radio dan televisi) menjadi media digital.

Penggunaan kata ‘baru’ dan ‘lama’ dalam media hanyalah sebagai penamaan beberapa medium yang digunakan dalam penyampaian informasi.

Konsep dari new media mencakup dalam perkembangan dhalionmarhan bentuk unik dari media digital dan pembuatan kembali media yang lebih tradisional menjadi media yang dapat beradaptasi pada zaman yang lebih maju dimana teknologi media baru berkembang.

Suatu media dapat dikatakan baru bila ia memiliki kelebihan atau menutupi kekurangan yang terdapat pada media sebelumnya. Kebaruan media juga dapat diukur dengan perbandingan suatu media dengan media lain, contohnya seperti digital versatile disc (DVD) dengan kaset video, tentu DVD dapat dibilang sangat baru. Sedangkan compact disc (CD) dengan DVD dari blog ucok tentu dapat dikatakan tidak terlalu baru.

Internet

Internet merepresentasikan media yang paling dhalionmarhan sering dibicarakan, dan mungkin bentuk signifikan dari media baru. Dimana cyberspace atau dunia maya menjadi seperti dunia virtual bagi informasi-informasi yang beredar didalamnya.

Internet adalah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA pada tahun 1969. Internet kemudian menjadi medium yang berkembang cepat yang pernah tercatat.

Munculnya internet tidak membuat berkurangnya penonton televisi, seperti halnya blog ucok kalau ada tulisan ini berarti kopas dengan kemunculan televisi yang tidak mengurangi pendengar radio.

New media atau media baru tentu berhubungan dengan berkembangnya teknologi. Dengan adanya teknologi baru, yang lebih memudahkan media dalam penjangkauan daerah dan kemudahan akses dapat dikatakan media baru ada dengan adanya teknologi baru.

Media

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media dalam kalau ada tulisan ini berarti yang buat tugas kopas konteks komunikasi berarti alat (sarana) komunikasi seperti copas kalau ada tulisan ini berarti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media cetak adalah sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala seperti surat kabar, majalah. Media elektronik adalah sarana media massa yang mempergunakan alat-alat elektronik modern, misal radio, televisi, dan film.

Media adalah sesuatu yang dapat menyampaikan informasi dari sebuah sumber kepada penerima informasi. Fungsi dari media adalah memudahkan orang untuk menerima atau mencari sebuah informasi yang diperlukan.

Dalam media, dikenal istilah konvergensi atau perubahan. Dalam KBBI dituliskan konvergensi adalah keadaan menuju satu titik pertemuan; memusat. Konvergensi media berarti sebuah perubahan atau evolusi media.Dalam KBBI dituliskan ngga ya boleh I<opas apa ngga. Dalam bakalan di kopas ngga ya? konvergensi jurnalisme, banyak media yang mendistribusikan konten-konten mereka kedalam media online dari media cetak maupun elektronik.

 

Untuk memahami mengenai perubahan atau perkembangan blog ucok media perlu diketahui kronologi dari evolusi komunikasi manusia. Terdapat empat era dalam evolusi komunikasi manusia

Kronologi Komunikasi Manusia

35.000 Sebelum Masehi (SM) Diperkirakan bahasa sebagai alat komunikasi muncul pada zaman Cro-Magnon.

22.000 SM Ditemukannya lukisan-lukisan pada gua-gua yang dibuat oleh manusia purba.

 

I. Zaman komunikasi tulisan (4.000 SM sampai sekarang)

4.000 SM Bangsa Sumeria menulis pada prasasti tanah liat.

1041 Masehi Pi Sheng menciptakan alat ketik buku yang dapat dipindahkan di Cina

1241 Alat ketik metal menggantikan karakter dari tanah liat di Korea

 

II. Zaman Komunikasi Cetak (1456 sampai sekarang)

1456 Alkitab Gutenberg dicetak dengan alat cetak metal dan cetak tangan.

1833 Sirkulasi besar-besaran media dimulai dengan koran murah pertama, The New York Sun

1839 Metode praktis fotografi dikembangkan oleh Daguerre, yang didukung oleh koran.

 

III. Zaman Telekomunikasi (1844 sampai sekarang)

1844 Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf pertama.

1876 Alexander Graham Bell mengirimkan pesan telefon pertama

1894 Gambar bergerak ditemukan dan film pertaman ditontonkan kepada publik.

1895 Guglielmo Marconi mengirimkan pesan radio.

1912 Lee de Forest menemukan teknologi amplifikasi tabung.

1920 Radio siaran terjadwal pertama oleh KDKA di Pittsburgh.

1933 Demonstrasi televisi oleh RCA

1941 Penyiaran Iklan komersial pertama televisi

 

IV. Zaman komunikasi interaktif (1946 sampai sekarang)

1946 Pembuatan komputer generasi pertaman, ENIAC, dengan 18.000 tabung di University of Pennsylvania.

1947 Transistor, sebuah saklar elektronik yang bisa memperkuat pesan elektronik ditemukan     oleh William Shockley, John Bardeen, and Walter Brattain di Bell Labs.

1956 Kaset video diciptakan oleh Apex Company di kota Redwood, California.

1957 Rusia meluncurkan satelit luar angkasa pertama, Sputnik.

1969 Penerbangan ke luar angkasa pertama NASA ke bulan dengan arahan dari komputer mini yang 3000 kali lebih kecil dari ENIAC.

1971 Penciptaan miniprocessor, CPU pada chip semi konduktor oleh Ted Hoff di Intel Corporation, sebuah perusahaan elektronik mikro Silicon Valley.

1975 Komputer pertama, Altair 8800 dipasarkan.

1975 HBO (Home Box Office) mulai menyiarkan program TV kabel dengan satelit, lalu mempercepat perkembangan TV Kabel di Amerika Serikat.

1976 Sistem teks jarak jauh pertama disediakan oleh dua jaringan televisi Inggris BBC dan ITV dimana halaman (bingkai) dari teks dan informasi grafis disiarkan ke set TV di rumah (dilengkapi dengan adaptor spesial) dengan saluran TV biasa.

1977 Qube, Sistem televisi kabel interaktif pertama mulai beroperasi di Columbus, Ohio.

1979 Sistem teks video pertama disediakan oleh kantor pos inggris, sehingga halaman (bingkai) dari teks dan informasi grafis dapat dikirimkan dari komputer utama melalui saluran telefon agar dapat ditampilkan pada tv di rumah.

2013 Kalau ada tulisan ini, berarti kopas nih tugasnya.

  1. Tulisan

Selama ribuan tahun, tulisan adalah metode utama dalam komunikasi media. Kemungkinan dapat dihitung kurang lebih dari tahun 4000 SM di Sumeria. Sampai munculnya penemuan Gutenberg pada tahun 1456 M. Pada perpustakaan zaman dahulu, buku-buku dirantai dengan meja dimana mereka akan dibaca. Penemuan pencetakan, membebaskan buku-buku tersebut dari rantai-rantai tadi.

  1. Pencetakan

Pada mulanya, pencetakan disebut juga tulisan buatan, memiliki makna yang sama seperti kecerdasan buatan. Teknologi percetakan dimulai di Cina dengan penemuan pembuatan kertas dari tekstil sesudah tahun 1000 M. Alat ketik yang dapat dibawa juga diciptakan oleh Pi Sheng sekitar tahun 1041 di Cina.

  1. Telekomunikasi

Dua kata dasar dalam telekomunikasi sudah menyimpulkan maknanya yaitu komunikasi dari jarak jauh. Satu fungsi penting dari telekomunikasi adalah untuk menyediakan pengganti dari transportasi. Daripada memindahkan orang kepada konsep pemikiran, telekomunikasi memindahkan konsep pikiran kepada orang.

  1. Komunikasi Interaktif

Zaman telekomunikasi orang ke orang yang berpusat pada media dua arah yang dimungkinkan dengan adanya komputer.

 

Seperti dapat dilihat sebelumnya, perubahan utama pada teknologi media adalah perubahan penyimpanan, pengiriman, dan penerimaan informasi dari bentuk analog menjadi bentuk digital. Digitalisasi berarti bermacam-macam bentuk informasi, termasuk teks, bunyi, gambar dan suara dikodekan dalam sebuah 0-1 kode biner.

Perkembangan terbesar yang pernah muncul dalam digitalisasi dengan hal yang berasosiasi dengannya adalah konvergensi, yang dalam hal ini berarti penyatuan penghitungan (computing), telekomunikasi, media, dan sektor informasi.

Konvergensi dan digitalisasi sangat terhubung dengan interaktivitas. Bentuk media interaktif yang memberikan penggunanya tingkatan pilihan pada sistem informasi, dalam pemilihan akses menuju sumber informasi dan pengendalian sistem yang digunakan dan membuat pilihan.

Interaktivitas adalah konsep utama dari pemahaman media baru, namun bentuk media yang berbeda memberikan tingkatan interaktifitas yang berbeda.

Perkembangan besar lain yang berhubungan dengan teknologi media baru adalah jaringan, atau kapasitas untuk membawa informasi dalam jumlah besar ke tempat yang sudah saling terhubung.

 

 

Jadi, dapat dikatakan bahwa media baru adalah media yang mengalami konvergensi. Media yang memiliki tingkat interaktivitas yang lebih berkembang daripada media-media sebelumnya, tidak terpatok pada media Citizenmagz21011online dan digital saja. Jika nanti ada media yang lebih berkembang ucok blog dibandingkan media online (Internet) dan digital, tentu media tersebut jurnalistik 2011 dapat dikatakan media baru. Saat ini media baru adalah media digital dan media online karena jangkauannya yang global dan proses pengiriman informasi yang cepat juga mudah untuk diakses.

Teknologi komunikasi adalah perangkat teknologi yang terus berkembang dan mempermudah manusia dalam berkomunikasi. Media baru berkembang dengan berkembangnya juga teknologi komunikasi.

 

 

Daftar Pustaka

 

Briggs, Asa, dan Peter Burke. 2006. Sejarah Sosial Media dari Gutenberg sampai Internet. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Flew, Terry, New Media: An Introduction, 2nd eds, Oxford University Press, 2005.

Lievrouw, Leah A. & Sonia Livingstone, Hand Book of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs, Student edition, SAGE Publication, 2006.

Rogers, Everett M., Communication Technology, Free Press, 1998.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: