Posted by: Holdani R. | June 5, 2013

Cerita antara Aku dan Medan. . .

Halo pembaca, gimana kabar?
Sekarang gue mau cerita pengalaman gue pergi ke medan nih, udah sekitar 13 tahun gue  ngga ke medan. Terakhir itu pas lebaran tahun 2000. Tahun 2013 bulan Mei ini gue dan keluarga pergi ke medan untuk menghadiri acara wisuda kakak gue.

Jadi pada hari Jumat, 24 Mei 2013, gue dan keluarga menuju bandara Soekarno Hatta. Di perjalanan macet, gue pikir bakalan telat nih. Gawat lah kalo telat pesawatnya. Di dalem taksi gue doa supaya semoga ga telat. Dan memang ngga telat. Alhamdulillah.

Gue dan nyokap langsung check-in ke pesawat. Well, ini juga merupakan pengalaman gue naek pesawat. Sebelumnya gue ke medan naik kapal laut. Setelah check-in, tanpa ada kesempatan untuk menunggu lagi di ruang tunggu, kita langsung boarding, masuk ke pesawat. Ngga lewat belalai gajah, tapi naik langsung dari tangga yang udah disediakan.

Maskapai yang kami tumpangi adalah Lion Air (bukan promosi, ini bagian dari cerita), dengan tujuan Medan (MES) penerbangan 386. Waktu itu pesawatnya take-off pukul 18.50 kira kira, jadi pas take off, udah gelap.

Nah pas di pesawat itu, yah namanya juga pertama kali, gue agak takut haha, apalagi setelah take off pesawatnya langsung belok miring banget, hahaha, takut gue lah.

Setelah take-off, pesawat terbang menuju medan. Thanks to modern technology, bisa cepet sampe medan dibanding naik bis atau kapal laut. Setelah mendekati bandara Polonia, gue melihat kota medan dari atas, bagus, banyak lampu lampu rumah. Oiya, bandara Polonia itu beda banget sama bandara Soekarno Hatta, dia deket banget sama perumahan warga. Tapi nantinya di medan bakal ada Bandara Kuala Namo, kalo ngga salah itu namanya.Ngga sabar pengen liat kuala namo, waktu itu ngga sempet.

Sesampainya di bandara, kami di jemput Uwak (panggilan untuk sodara yang lebih tua dari orangtua kita). Langsung menuju rumah Uwak. Besoknya, setelah beristirahat, kami langsung dijemput oleh temen kenalannya nyokap, kami berencana pergi ke Danau Toba dan Pulau Samosir. Tapi katanya sih, biasanya kalo orang ke sana jalannya lewat Parapat, tapi kami lewat Berastagi. Melewati daerah Sibolangit, kami makan di restoran muslim. Di daerah ini, kalau kata Pak Feri (temen kenalannya nyokap tadi, dia yang bawa mobil, jago bener deh bawanya), ati-ati kalo makan disini, salah salah bisa makan daging Babi atau Anjing. Bisa juga makan makanan yang dimasak pake minyak bekas masak Babi atau Anjing.

Oke diperjalanan menuju Berastagi, kami melewati jalan yang menurut saya cukup berbahya ditambah supir-supir disini yang bawanya gila-gilaan. Gak heran di Jakarta supir metromini yang sebagian besar orang Batak, pada kayak orang stress bawanya. Udah jalannnya belok-belok, nanjak, nurun, supirnya kebut pula. Haduh.

Kami sudah melewati beberapa daerah, seperti Sibolagit, Berastagi, Dairi, Simalungun, Pak-Pak dan menuju ke pinggiran danau toba. Asal tahu saja, ternyata ada titik terdekat pulau samosir dengan daratan Sumatera, jadi ada semacam jembatan kecil menuju Pulau Samosir, tidak lewat Kapal Ferry. Nama daerahnya kalau tidak salah Tele deh.

Di perjalanan, perut lapar kami harus ditahan dulu karena tidak boleh sembarangan makan. Begitu sampai di pulau samosir (malam), eh kita kehabisan penginapan, tidak ada hotel yang kosong kamarnya. Akhirnya kita memutuskan untuk mencari penginapan di daerah Parapat, yang mesti keluar lagi dari pulau Samosir naik kapal Ferry. Kami naik kapal Ferry, dari Tomok menuju Ajibata. Di Parapat pun kami tidak mendapatkan hotel, akhirnya menginap di Masjid, namun Masjidnya pun dikunci, banyak orang yang tidak dapat hotel akhirnya tidur di mobil masing masing di parkiran masjid, kami pun begitu.

DSC_0120 DSC_0209 DSC_0378

Pagi hari, kami bangun dan bersiap menuju ke daerah pinggiran danau toba lagi, karena tadi malam sudah gelap dan tidak kelihatan. Kami sarapan di dekat dekat danau toba. Setelah itu kami pulang.

Sebenarnya, dari daerah Tele menuju Tomok itu dari ujung ke ujung Pulau Samosir, jadi secara tidak langsung, kami sudah menjelajahi pulau Samosir.

Dari Parapat kami menuju Tebing mengunjugi Atok. Sebelumnya mampir dulu di daerah Pematang Siantar untuk membeli Roti Ganda yang katanya sih enak. Memang enak, krimnya tidak seperti krim pada roti biasanya, tidak begitu membuat enek. Roti Ganda adlaah roti tawar biasanya, yang diberikan krim dan meses, atau dikasih krim rasa Srikaya.

Di Tebing, setelah pulang dari rumah atok, kami membeli lemang khas tebing dan juga jambu bol. Setelah itu mampir ke toko Paten untuk membeli oleh-oleh sejenis ting-ting, pang-pang, teng-teng, ak-am, dan lain-lain. Orang sana pasti tau deh. Haha.

Setelah sampai di Medan, rumah Uwak lagi, kami beristirahat, untuk besoknya pergi ke Istana Maimun.

Tanggal 27 Mei, kami pergi ke istana Maimun di dekat Masjid Raya medan. Setelah darisana, kami pergi menuju Percut, untuk maka Seafood. Uwak memesan udang, kepiting, dan ikan. Hahaha. Oiya kalo di sini, es teh manis itu namanya Mandi alias Manis Dingin~

Setelah dari percut, kita kembali ke rumah Uwak, untuk mengambil barang-barang lagi dan pergi ke hotel dekat Universitas Sumatera Utara (USU), karena tanggal 28 kakak wisudanya.

Tanggal 28, Pagi-pagi kami ke USU untuk menghadiri wisuda kakak, saat waktu didalam, kan gue dan adek dan ka ita ngga bisa masuk, jadi kami mencari oleh oleh untuk dibawa pulang karena sorenya, gue dan ka ita bakal duluan balik ke jakarta.

Tanggal 28, 18.20, pesawat tujuan Jakarta dari Medan take-off, gue dan kak ita balik duluan ke Jakarta karena tanggal 29 (rabu)nya ada kuliah.

Kira-kira begitulah ceritanya, banyak sih yang bisa dijelasin, tapi susah dituliskan. Walau kami ngga dapat hotel di Samosir, tapi kami udah melihat kampung-kampung daerah Berastagi, Simalungun, Dairi, dan Pak-Pak. Keren deh, melewati hutan, masuk hutan, naik gunung. Naik mobil sih. Hehe. Thanks to pak Feri yang udah mau bawa kami jalan-jalan keliling medan dan sekitarnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: