Posted by: Holdani R. | September 11, 2013

Keterbatasan Bukan Halangan

Halo pembaca sekalian, gue mau ngeshare artikel gue nih tentang Nick Vujicic, sebenarnya ini untuk tugas makul Kewirus sih, tapi karena menurut gue bagus, jadi ya gue post aja disini. Oke, selamat membaca.

Holdani Rahmansaib

210110110289

Kewirausahaan

Jurnalistik – B

 

Keterbatasan Bukan Halangan

Bagi beberapa orang, keterbatasan adalah sebuah penghalang atau hambatan untuk mencapai sesuatu. Keterbatasan tersebut bisa berbentuk apa pun. Seperti misalnya yang dialami oleh Nicholas James Vujicic atau yang lebih dikenal dengan nama Nick Vujicic. Dia lahir tanpa memiliki tangan dan kaki akibat memiliki penyakit langka yaitu sindrom tetra-amalia.

Nick terlahir tanpa memiliki tangan dan kaki. Namun memiliki sebuah kaki kecil yang ia berinama chicken drumstick. Kondisi tubuh yang lain seperti kepala, mata, telinga, hidung, mulut dan lain-lain berfungsi secara normal. Organ dalam tubuh Nick juga berfungsi layaknya orang biasa.

Kondisi tubuhnya membuat Nick sempat merasa minder dan bahkan sempat mencoba untuk bunuh diri, namun rasa sayang orang tuanya kepadanya membuat dia untuk mengurungkan niat tersebut. Nick melanjutkan sekolahnya di sekolah biasa walau teman-temannya tetap mengganggunya.

Pada usia 17 tahun Nick mendirikan sebuah lembaga bernama Life Without Limbs untuk memberikan motivasi kepada penyandang cacat tentang harapan dan makna hidup. Sekarang Nick sudah dikenal banyak orang sebagai motivator yang handal walau tanpa tangan dan kaki. Dengan kekurangan yang diberikan Tuhan kepada Nick, Nick juga diberikan kebesaran hati untuk terus melanjutkan hidupnya tanpa memikirkan apa yang orang lain katakan mengenai dirinya.

Di sebuah acara dimana Nick menjadi motivator bagi anak-anak remaja, Nick suka membuat candaan mengenai kondisi tubuhnya sendiri. Dia berkata, “hei aku tidak punya tangan dan kaki”. Dia juga terkadang suka ‘iseng’ menakuti anak kecil untuk menghibur dirinya. Itu membuktikan kebesaran hatinya.

Nick berfikir, mengapa kita lebih fokus kepada apa yang tidak miliki? Bukan apa yang kita miliki?. Dengan pemikiran tersebut Nick bangkit dari setiap kegagalan yang ia alami dan kembali mencoba lagi hal yang sebelum

Nick berfikir, mengapa kita lebih fokus kepada apa yang tidak miliki? Bukan apa yang kita miliki?. Dengan pemikiran tersebut Nick bangkit dari setiap kegagalan yang ia alami dan kembali mencoba lagi hal yang gagal ia lakukan. Ketekunan Nick mungkin membuat Tuhan ingin memberikan hadiah kepada Nick, yaitu dengan mempertemukan Nick dengan pasangan hidupnya, Kanae Miyahara. Saat ini Nick dan Kanae memiliki seorang putra yang memiliki organ tubuh yang lengkap. Tuhan maha adil.

Nama Nick Vujicic sudah terkenal di internet dan di dunia media manapun. Di situs Youtube.com terdapat banyak sekali vidio Nick yang sedang memberikan motivasi. Salah satu vidio yang terkenal adalah yang berjudul No Arms, No Legs, No Worries.

Perjuangan Nick untuk terus mencoba ketika kita gagal adalah hal yang patut dicontoh. Kebesaran hati Nick dan rasa percaya dirinya perlu dimiliki setiap orang. Begitu pula dengan saya, saya terlahir dengan keterbatasan untuk mengucapkan huruf “R” atau dikenal dengan istilah cadel. Melihat Nick saya berfikir, “Dia saja yang tidak memiliki kaki dan tangan, bisa terus berjuang, mengapa saya yang hanya tidak mampu mengucapkan huruf R tidak bisa seperti dia? Terus berjuang dan tidak pernah menyerah”.

Walaupun saya akan tetap cadel, saya tidak akan menyerah.  Saya akan seperti Nick Vujicic, tidak perduli dengan perkataan jelek orang lain kepada saya. Apa yang tuhan berikan kepada Nick, saya, dan anda adalah anugrah, dan sudah sepatutnya kita berterimakasih akan hal tersebut.


Leave a Reply

Categories

